Friday, 23 December 2016

5 Orang Terkaya dan Tersukses se Dunia Tanpa Gelar Sarjana




Sarjanamuda.com -Sebuah Gelar sarjana atau profesor mungkin adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh setip orang yang ingin sukses dalam karirnya dan mempunyai penghasilan yang besar. Akan tetapi tidak selamanya gelar menjamin seseorng untuk sukses,  dan bahkan terdapat beberapa orang mampu membuktikan dirinya sukses dan berpenghsailan selangit tanpa menyandang gelar sarjana atau profesor. Berikut 5 daftar orang tersukses dan berpenghasilan tinggi sedunia:

1. Michael SaulDell (Laptop Merk DELL)

Komputer dengan merk DELL diambil dari nama perakitnya yitu Michael SaulDell. Michael Dell adalah seorang mahasiswa kedokteran di University of texas, namun ia memutuskan untuk meninggalkan kuliahnya dan memilih menekuni komputer tepatnya pada umur 19th. dia memilih untuk memulai usaha sendiri dengan merancang komputer dan menjualnya. 

Dengan hanya bermodalkan uang seribu dolar Dell membangun usaha komputer dengan nama PC's Limited, yaitu dengan langsung menjual kepada pelanggan tanpa pihak ketiga. 

Pria berkelahiran Huston, Texas, 23 Februari 1965 ini merubah nama perusahaannya dari PC's Limited menjdi Dell Computer Corporation pada tahun 1988. di tahun yang sama Dell Computer Corporation bernilai $ 80 Juta. pada tahun 1992 perusahaan tersebut masuk salah satu dari Fortune 500 daftar limararus perusahaan teresar di dunia dan menjadikan Micchael Dell sebagai CEO termuda yang pernah memimpin perusahaan terbesar Fortune 500, yaitu ketika dia berumur 27th.  

Pada perkembangannya perusahaan Dell Computer Corpuration berubah nama menjadi Dell Inc. Perusahaan ini meruapakan perusahaan komputer paling menguntungkan di dunia di urutan ke-4 dalam daftar Forbes Kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $18 Milliar. 
pada tahun 2004Dell mengundurkan diri sebagai CEO Dell Inc namun tetp menjabat sebagai ketua Dewan. saat ini dia tinggal di salah satu rumah terbesar di Auistin, texas dan merupakan 15 rumah terbesar di dunia. 

LaptopMerk Kenalan dulu dengan perakitnya. Ya, Michael Dell, seorang pria yang di drop out dari University of Texas pada usianya yang ke 19 tahun. Setelah DO, ia tekun merakit komputer dan menjualnya sendiri pada beberapa pelanggan. Karena usaha kerasnya, ia akhirnya berhasil mendirikan Dell Corporation. Saat ini, kekayaan Michael Dell mencapai 15 miliar dollar.ada Sains dan Teknologi.

2. Richard Branson (Virgin Group of Companies)

Charles Richard Nicholas Branson atau yang lebih dikenal dengan nam Richard Branson merupakan salah satu orang terkaya di dunia tanpa menyandang gelar sarjana. Ia dilahirkan pada tanggal 18 Juli 1950 di Surrey, London, Inggris dari pasangan Edward James Branson yang bekerja sebagai pengacara dan Eva Branson yang merupakan seorang Pramugari.

Richard muda merupakan anak yang menderita disleksia, yaitu sebuah penyakit keturunan yang menyebabkan seseorang sulit mengeja atau mengolah kata dalam otaknya. perlu diketahui, disleksia juga dialami oleh beberapa orang sukses dan jenius seperti beberapa pengusaha Amerika yaitu Thomas Edison, Henry Ford, Ted Turner dan Charles Schwab. seorang penulis novel misteri ternama juga menderita hal yang sama yaitu Agatha Christie, dan bahkan seorang Albert Enstein, dia mempunyai masalah dalam memahami sebuah pelajaran. 

oleh sebab penyakit yang di derita Richard muda, maka dia keluar dari sekolahnya pada usia 16 tahun. dia mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran dan susah untuk konsentrasi sehingga gurunya mengira Richard muda adalah seorang anak yang pemalas.

penyakit yang di derita oleh Richard tidak cukup mampu untuk menjadikan ia putus asa. pada usia 16 tahun, ia mencoba untuk fokus dan mendrikan sebuah usaha yaitu Student Magazine, sebuah majalah untuk para pelajar. dari usaha tersebut dia mengalami kesuksesan dan berhasil meraup keuntungan $8.000 dari pemasukan iklan.

Pada 1969, Branson mendirikan perusahaan rekaman berbasis mail-order yang ia namakan Virgin. Meskipun dijalankan dengan manajemen yang sederhana, perusahaan ini mampu memperluas usaha bisnisnya hingga dapat membuka sebuah studio rekaman di Oxford Street, London. Artis pertama yang dibesarkan oleh label Virgin Records adalah Mike Oldfield. Lagu-lagu Mike Oldfield kemudian menjadi hits dan mampu bertahan di tangga lagu Inggris selama 247 minggu. Memanfaatkan momentum keberhasilan Oldfield tersebut, Branson kemudian mendatangkan beberapa kelompok musik lain termasuk Sex Pistols, Culture Club, Rolling Stones, dan Genesis yang akhirnya menjadikan Virgin Music sebagai salah satu dari enam besar perusahaan rekaman di dunia.

Hal yang menjadi keunikan pada perusahaan-perusahaan richard Branson adalah kesederhanaan, dimulai dari manajemen sederhana yang diterapkan dan lebih terperinci lagi pada kata-kata atau selogan untuk perusahaannya. Misalnya untuk bank miliknya, Virgin Money, bank tersebut tidak memakai kata-kata “financial service” atau “leading industry intelligence” sebagai taglinenya, melainkan “better bank for everyone”. Kesederhanaan dan kejelasan dari tujuan perusahaan yang telah dimilikinya membuat sebuah nilai positif dari Virgin Group of Companies. 

Branson Virgin Group kini memiliki lebih dari 200 perusahaan di lebih dari 30 negara termasuk Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Asia, Eropa dan Afrika Selatan. Dia telah memperluas bisnisnya dengan membuka Voyager Group pada tahun 1980, maskapai penerbangan Virgin Atlantic pada 1984, Virgin Megastore, perusahaan kereta api, resor judi mewah, perusahaan telepon seluler, dan sebuah travel agensi ruang angkasa yang bernama Virgin Galactic. 

Branson juga dikenal karena memperoleh gelar kebangsawanan dari Kerajaan Inggris pada tahun 1999 atas kontribusinya dalam berwirausaha.

Pada tahun 2009, Richard Branson termasuk orang terkaya ke-261 menurut daftar orang terkaya versi Forbes, dengan estimasi kekayaan £2.6 miliar (US$3.9 miliar).

3. Steve Jobs (Apple)

Steve Jobs mempunyai nama asli Steven Paul Jobs, dilahirkan pada 24 Februari di San Francisco, California.Orang tua kandung Jobs bernama Abdul Fattah Jandali, seorang sarjana asal Suriah yang kemudian menjadi profesor ilmu politik, dan Joanne Simpson, seorang sarjana berkebangsaan Amerika Serikat yang kemudian menjadi patolog bahasa wicara.

nama Steven Paul Jobs baru disandang oleh Steve Jobs pada saat dia diadopsi oleh Reinhold dan Clara Jobs dari Mountain View. sebelumnya, dari sejak lahir Steve Jobs bernama Abdul Lateef Jandali, sebuah nama dengan karakter Rusia bawaan dari Ayahnya.

setelah pindah ke Silicon Valley, Jobs mendapatkan pendidikan pertamanya di eklas lektronik paling populer di California yaitu di Cupertino Junior High School dan Homestead high School di Cupertino.di sekolah inilah Jobs bertemu dengan orang yang juga tertarik padadunia lektronik, yatu Steve Wozniak. pada saat itu, Jobs berumur 16th dan Wozniak berumur 21th.

Jobs sering menghadiri kuliah setelah sekolah di  Hewlett-Packard Company di Palo Alto, California sehingga kemampuan steve berkembang pesat. Jobs lulus dari sekolah menengah atas pada tahun 1972, dia mendaftar kuliah di Reed College di Portland, Oregon, namun ia dia hanya bertahan selama 6 bulan karna di drop out. kemudia melanjutkan audit kelasnya di Reed yaitu seperti kelas kaligrafi. 

Pada tahun 1976, Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne, mendirikan Apple yang bernama Apple Computer co. dengan pendanaan dari manajer pemasaran produk dan teknisi semi-pensiun Intel A.C. Mike Markkula Jr.  Sebelum mendirikan Apple bersama-sama.

Steve Jobs berusaha membuat Wozniak tertarik merakit komputer dan menjualnya. Komputer pertama yang diperkenalkan oleh Jobs dan Wozniak diberi nama Apple I. Pada tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II kepada publik. Sejak itu penjualan Apple II berkembang pesat. Pada tahun 1980 Apple Computer co memperkenal Apple III, namun respon di pasar tidak tidak sebaik ketika memperkenalkan Apple II.

di tahun 1983, Steve Jobs menggaet Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola untuk memimpin Apple Computer, namun peluncuran Apple terbaru di tahun yang sama dengan pemimpin yang baru terbilang gagal di pasaran, sekalipun teknologi tersebut terbilang canggih di masanya. 

pada tahun 1984, Apple memperkenalkan produk komputer kecil pertama yaitu Macintosh dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis yang dicetuskan oleh Jef raskin. Pengembangan Mac oleh Jef Raskin dan tim tersebut tidak menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan Apple. kesuksesan Macintosh membuat Apple mengabaikan Apple II.

pada tahun 1895 Steve Jobs dipecat dari perusahaan Apple oleh Jhon Sculley karena keduanya tidak menemukan keserasian.

setelah kelur dari Apple, Jobs mendirikan perusahaan baru yaitu NeXT Computer yang bergerak dalam pengembangan software komputer. Produk NeXT Computer mempunyai teknologi yang tergolong sangat canggih pada waktu itu, namun sayangnya seperti beberapa produk Jobs lain yang gagal (Apple Lisa), ternyata produk canggih yang ditawarkan  NeXT Computer juga kurang dilirik pasar.

Di tahun 1996, Jobs kembali ke Apple setelah sebelumnya perusahaan yang dia dirikan, yaitu NeXT dibeli oleh Apple NeXT seharga AS$402 juta. Dengan pembelian tersebut, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs sejak 1997 perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya.Steve bersama rekan rekannya mengembangkan komputer dengan teknologi canggih yaitu Macintosh yang hingga kini masih dikembangkan dengan brand Apple Mac.

Bulan Agustus 2011, Jobs mengundurkan diri sebagai CEO Apple. akan tetap tetap menjabat sebagai ketua dewan perusahaan. Saham Apple mendadak turun 5% sesaat setalah kemunduran Steve Jobs sebagai CEO 

Steve jobs meningal dunia pada 5 Oktober 2011, di California di usia 56 tahun setelah tujuh tahun didiagnosis menderita kanker pankreas.

Kata-kata Steve Jobs yang terkenal adalah "Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi Hewlett-Packard Company, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar.

4. Mark Zuckerberg (Facebook)

Pria muda berkelahiran 14 Mei 1984  di White Plains, New York, Amerika mempunyai nama asli Mark Elliot Zuckerberg. mengenal komputer sejak berumur 8 tahun dari ayahnya Edward sedangkan ibunya bernama Keren Zuckerberg. Zuckerberg bersama temannya D'Angelo membuat plug-in music lengkap dengan playlist-nya pada saat duduk di bangku sekolah menengah, yaitu Phillips Exeter Academy. mereka mengirim program tersebut ke beberapa perusahaan termasuk AOL (American Online) dan Microsoft. pada tahun terakhir di sekolah menengah, Zuckerberg di rekrut Microsoft dan American Online untuk sebuah proyek. setelah lulus dari Philpils kedua sahabat tersebut berpisah D'Angelo menruskan studinya di Caltech sedangkan Zuckerberg di Harvard.

Harvard merupakan tempat di mana Zuckerberg menemukan idenya tentang Facebook. pada awalnya ia berkeinginan kuat untuk membuat buku direktori mahasiswa online karena universitasnya tidak membagikan face book, yaitu buuku mahasiswa yang memuat foto dan identitas pada mahasiswa baru sebgai bahan untuk pertemanan. Ide untuk membuat buku direktori selalu ditolak oleh Harvard dengan alasan tertentu. 

Zuckerberg bersikeras untuk mewujudkan ide tersebut. Proyek pertamanya adalah CourseMatch yang memungkinkan teman-teman sekelasnya berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. di tahun kedua kuliah di Harvard Zuckerberg memasukkan data mahasiswa Harvard dalam website tersebut dan mengupload beberapa foto mereka. dia juga meminta pengunjung website itu untuk mengomentari foto teman-temannya. 

Dalam waktu empat jam terdapat 450 orang mengunjungi Facemash dan foto yang dilihat sebanyak 22.000. kejadian itu membuat pihak Harvard memutus sambungan internet dan Zuckerberg diperkarakan karena dianggap mencuri data. Anak muda berambut keriting ini pun meminta maaf kepada rekan-rekan yang fotonya masuk di Facemash. Tetapi ia tak menyesali tinda­kannya.

peristiwa tersebut bukan dipandang sebagai hal yang negatif oleh Zuckerberg, tetapi ia malah membuat website baru dengan nama Facebook yaitu penyempurnaan dari facemash yang diluncurkan pada tahun 2004. Tujuannya tetap sama yaitu sebagai alat sosial untuk membantu orang berko­munikasi lebih efisien dengan rekan, keluarga, atau rekan kerjanya.

Facebook dianggap berbeda dengan website jejaring sosial lainnya, karena lebih dari 20.000 aplikasi dimasukkan dalam Facebook yang dapat digunakan oleh anggotanya. kurang lebih 140 aplikasi ditambahkan ke dalam facebook di setiap harinya dan 95% anggota menggunakan minimal satu aplikasi. hal ini menunjukkan bahwa Facebook merupakan website jejaring sosial yang sempurna dari pada yang lain.

hal itu membuat facebook digandrungi oleh publik. dua minggu setelah peluncuran, separuh mahasiswa Harvard telah memiliki akun facebook. ide utnuk membuat facebook hanya bagi mahasiswa Harvard oleh Zuckerberg ternyata tidak berbanding lurus dengan respon publik, banyak mahasiswadi luar harvard yang tertarik.

dalam jangka waktu empat bulan dari peluncurannya, facebook sudah menjaring 30 kampus dan akhir tahun 2004 pengguna facebook mencapai satujuta. pada bulan september tahun 2005 facebook membuka jaringan untuk para siswa sekolah menengah. hal inilah yang membuat Zuckerberg kewalahan sehingga dia menarik dua temannya untuk mengembangkan Facebook. namun lagi lagi desakan publik umum sangat menyeruk, sehingga Zuckerberg dan teman-temannya kewalahan dan tidak mempunyai waktu untuk kuliah, sehingga Zuckerberg memutuskan keluar dari harvard. dan pada September 2006 Facebook diluncurkan untuk umum, tidak terbatas untuk Mahasiswa dan siswa saja. 

Saat ini, bila dilihat dari trafik akses Facebook menjadi website teraktif ke-6 di dunia dan menjadi website jejaring sosial terbesar kedua di dunia versi CamScore. selain itu jumlah anggota aktif facebook mencapai 70 juta di seluruh dunia. 

terdapat beberpa perusahaan yang menginvestasikan dana ke facebook, di antaranya perusahaan paypal sebesar US$ 500.000, Venture sebesar US$ 12,7 juta, Greylock Partners sebesar US$ 25 Juta, kemudian pada oktober 2007 Microsoft tertarik untuk membeli 5% saham dengan harga US$ 300-500 Juta namun oleh Zuckerberg hanya dijual 1,6% saham dengan harga US$ 240 Juta. setalah itu, Li Ka-Shing disebut-sebut menginvestasikan sekitar US$ 60 Juta padaa november 2007.
selain itu, tersiar kabar bahwa Viacom, Yahoo, Google, ikut menawar untuk membeli Facebook namun ditolak oleh Zuckerberg dan menegaskan kalau Facebook tidak dijual.

Majalah Forbes menobatkan Zuckerberg sebagai The Youngest `Self-made' Billionaire on the Planet dengan menyebutkan kekayaan Zackerberg mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun di awal masuknya facebook ke pasar saham. 

Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders. Mark Zuckerberg dapat menghasilkan 44 miliar dollar AS di usianya yang baru 30 tahun. hal itu membuatnya  berada dalam jajaran 10 orang terkaya di di Dunia versi Forbes sekaligus dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda. Di tahun 2015, majalah Forbes mengklaim total kekayaan Mark Zuckerberg sebesar 35,7 Milyar Dollar atau sekitar 496 Trilyun Rupiah. 

5. Bill Gates (Microsoft Corporation)

adalah William Henry Gates seorang penemu OS Microsoft sekaligus pendiri perusahaan Microsoft Corporation bersama Paul Allen. pria yang kerap disapa Bill Gates ini lahir di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. ia memiliki darah inggris, jerman, Jerman, Skotlandia dan Irlandia. hidup di lingkungan menengah ke atas tidak membuat Bill bermalas-malasan dalam hidupnya. ayahnya adalah William H. Gates, Sr. sebagai seorang pengacara ternama dan ibunya Mary Maxwell Gatess dalah seorang anggota dewan direktur First Interstate BancSystem dan United Way.

Gates kecil mulai menganl komputer di  Lakeside School, sebuah sekolah dasar bergengsi khusus bagi anak laki-laki, yaitu pada tahun 1968 dan pada usia 13 tahun. 

Saat itu, Mothers Club di sekolahnya, Lakeside School, membeli sebuah terminal Teletype Model 33 ASR dan beberapa komputer General Electric (GE) untuk para siswa. Melihat komputer tersebut, Gates tertarik dan mulai mempelajarinya. Ia tertarik dengan kemampuan mesin tersebut mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna dan menulis program komputer pertamanya di sini menggunakan bahasa pemrograman BASIC.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer.

setelah lulus dari lakeside school pada tahun 1973 Bill meneruskan studinya ke Harvard dua tahun kemudian yaitu pada tahun 1975 dengan modal nilai tes SAT 1590 dari nilai maksimal 1600. di Harvard dia bertemu dengan Steve Ballmer
di Harvard dia bertemu kembali dengan temannya Paul Allen. 

Sekalipun kuliah di Harvard, Gates tidak punya banyak waktu untuk belajar sebagaimana mahasiswa yang lain, dia lebih senang menghabiskan waktunya di depan komputer sekolah untuk mempelajari bahasa pemrograman. pada tahun 1975 gates dan Allen melihat peluncuran MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 sebagai kesempatan untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak komputer sendiri. 

pada tahun yang sama di bulan November, Paul Allen bekerja di MITS di Albuquerque, dan Gates lebih meilih untuk bergabung dengan Allen dari pada kuliah di Harvard, sehingga memilih untuk absen dari Universitas tersebut. Mereka menamai kemitraan mereka "Micro-Soft" dan mendirikan kantor pertamanya di Albuquerque. Satu tahun berikutnya, tanda penghubung pada namanya dihapus, dan pada 26 November 1976, nama dagang "Microsoft" didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico. Gates tidak pernah kembali ke Harvard untuk menyelesaikan studinya.

Microsoft meluncurkan versi ritel pertama Microsoft Windows pada 20 November 1985. Sejak pendirian Microsoft tahun 1975 hingga 2006, Gates mempunyai tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. Ia secara agresif memperluas jajaran produk perusahaan, dan ketika Microsoft berhasil mendominasi pasar ia mempertahankannya sekuat tenaga.Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Gates pernah menempati peringkat pertama pada daftar Forbes 400 sejak 1993 hingga 2007 dan peringkat satu pada daftar The World's Richest People Forbes sejak 1995 hingga 2007 dan 2009. Pada 1999, kekayaan Gates pernah melewati angka $101 miliar, akibatnya media menyebutnya sebagai "centibillionaire".

Pasti Anda sudah tak asing lagi dengan nama yang satu ini. Ya, Bill Gates. Seorang pria yang menjadi miliarder berkat usahanya membentuk perangkat lunak untuk Micro Instrumentation dan Telemetry System. Dikisahkan, Bill Gates terdaftar menjadi salah satu mahasiswa di Hardvard pada tahun 1973. Namun tak sampai memperoleh gelar sarjana, Bill Gates memutuskan untuk putus kuliah. Pada tahun 1975, ia dan teman-teman masa kecilnya mulai usahanya yang disebut Microsot Corporation. Tak lama setelah itu, pada tahun 1987, Bill Gates menjadi seorang miliarder muda degan kekayaan lebih dari 70 miliar dolar! Wow.

Sarjanamuda.com merupakan tempat untuk berbagi ide dan informasi seputar mahasiswa


EmoticonEmoticon